My Slide

Holiday Photoshoot Slideshow: Kiddy’s trip from Makassar, Sulawesi, Indonesia to Holiday, Florida, Amerika Serikat was created by TripAdvisor. See another Holiday slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Wednesday, February 15, 2012

Bandara Ekstrim di Kepulauan Karibia

Satu-satunya bandara di pulau Saba, Antilles Belanda. Dikenal sebagai bandar udara komersial dengan landasan terpendek di dunia, hanya 400 meter, di satu ujung terdapat jurang, dan satu ujung lainnya gunung. Tapi ada saja pesawat yang mendarat di sini, tentunya berukuran kecil. Satu-satunya maskapai yang mendarat di bandara ini adalah Windward Islands Airways yang beroperasi setiap hari ke St. Maarten, St. Eustatius, dan St. Kitts menggunakan DHC-6 Twin Otter. Terbang ke St. Maarten hanya 12 menit dari Saba.

Di ujung landasannya diberi tanda X, supaya para pilot mengetahui Saba hanya digunakan untuk penerbangan komersial saja. Beberapa pakar penerbangan menyebutnya sebagai bandara paling berbahaya di dunia, meskipun tidak pernah terjadi kecelakaan di sana

Yrausquin Airport memiliki porsi yang besar dalam melayani penerbangan di pulau Saba. Beberapa pakar penerbangan memiliki opini bahwa airport ini merupakan salah satu airport paling berbahaya di dunia walaupun tidak ada tragedi besar yang terjadi di sini. Di ujung landasan terdapat huruf X besar yang menandakan bahwa airport ini tidak untuk penerbangan komersial.

Bahaya datang dari kondisi geografis dari airport itu sendiri, di satu sisi bukit yang tinggi dan dikedua ujung landasan terdapat jurang yang langsung menuju lautan. Sangat berbahaya bagi pesawat dengan kemungkinan tidak dapat mendarat karena menabrak jurang atau kurang tenaga untuk take off yang menyebabkan jatuh ke jurang juga.


Source : http://forum.vivanews.com/aneh-dan-lucu/287084-bandara-ekstrim-yg-terdapat-di-kepulauan-karibia.html



0 Comments (+add yours?)

Post a Comment